Senin, September 24, 2012

MENGENAL FORKLIFT DAN CARA MENGOPRASIKAN

Mengenali jenis forklif
A.matic
B.manual.
Sebelum mengoprasikan fofklift sebaiknya menggunakan penangaman seperti Helm,sepatu,masker,kacamata.
A.matic
Menggunakan tenaga battray atau accu karena ramah lingkungan. Pada umum nya matic lebih mudah dari pada manual cuma yang membedakan tuas handle nya. Tuas handle untuk matic ada 4.
1. Naik turun
2. Maju mundur
3. Cungkil
4. Geser kanan kiri
Untuk forklift matic biasanya digunakan pada perusahaan yang bebas polusi/asap seperti, GARMENT,PRODUK MAKANAN, DLL.. Begitu juga dengan roda, ada 4 buah roda mati atau tidak hampa udara..
Untuk pengoprasian forklift matic gampang sekali pedak bawah sebagai rem dan kopling apabila diinjak berati kopling dipegan, apabila dilepas berarti Rem berfungsi.. Kalau untuk jalan cuma memajukan handle jalan maju atau mundur dan tidak ada gigi. Mudah kan??
B.manual
Forklif manual menggunakan bahan bakar solar. Sebenarnya banyak sekali. Ada kapasitas 3 ton, 5 ton, bahkan 8 ton lebih. Pedal bawah ada gas, kopling, dan rem (Seperti mobil). Biasanya digunakan di tempat outdoor, karena menghasilkan polusi yang cukup banyak dari knalpot. Cara menjalankanya agak sulit karena seperti menjalankan mobil. Karena roda forklift yang untuk berbelok pasti di belakang. Untuk handal paling kanan ada gigi maju dan mundur, sebelahnya ada porseneleng gambar kura-kura artinya gigi 1. Gambar kijang artinya gigi 2. Lalu untuk handel kiri dari kemudi ada naik turun dan cungkil.. Manual yg membedakan tidak ada tuas maju mundur dan geser nya sehingga lebih sulit dari matick..
Semoga anda bisa menjadi tambah pengetahuan dengan membaca blog saya.
Thanks
afandiatmajati@yahoo.co.id

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda